Ads-728

Cat-1

Cat-2

Cat-3

Cat-4

» » » » Kiat Menata Meja Kantor untuk Kenyamanan Karyawan dan Meningkatkan Produktifitas


Kiat Menata Meja Kantor untuk Kenyamanan Karyawan dan Meningkatkan Produktifitas


Ketika bekerja di kantor, ada saja hal-hal yang membuat Anda terdistraksi sehingga tidak dapat konsentrasi dengan maksimal dalam mengerjakan tugas. Oleh sebab itu, menjaga lingkungan tetap kondusif adalah upaya terbaik yang bisa dilakukan supaya pekerjaan tidak terhambat. Salah satunya adalah dengan melakukan penataan meja kantor yang benar serta memperhatikan beberapa aspek dalam penataan tersebut. Bagaimana caranya?

Menata Meja Kantor Sesuai Bentuk Meja
Apakah bentuk meja kantor Anda memanjang, persegi, atau malah segitiga? Penataan meja kantor yang sesuai dengan bentuk meja ini akan memberikan nilai estetik tersendiri. Penataan yang indah akan membuat suasana lebih bersahabat dan tentram. Misalnya, meja persegi panjang ditempatkan menghadap tembok, dengan begitu tidak akan memakan tempat terlalu banyak pada bagian tengah ruangan.

Menata Meja Kantor Sesuai Luas Ruangan
Luas ruangan akan sangat memengaruhi penataan meja kantor. Untuk ruangan yang sempit, sebaiknya di dalamnya diisi dengan meja-meja berbentuk kecil dengan bagian kolong yang lapang. Sedangkan untuk ruangan yang lebih luas, Anda bisa bebas meletakkan meja kantor berukuran besar maupun kecil. Sebab, jika meja kantor yang besar diletakkan di ruangan sempit, akan sangat mengganggu pergerakan karyawan, dan suasana ruangan terasa lebih sesak.

Jika Memakai Komputer, Posisikan Layarnya Setinggi Mata
Apabila pekerjaan di kantor mengharuskan menggunakan computer atau laptop, ada baiknya memosisikan layar computer tersebut setinggi mata. Jika terlalu rendah, akan membuat leher Anda sakit karena terlalu sering menunduk. Jika terlalu tinggi, selain sakit pada leher juga membuat mata Anda cepat lelah. Solusi terbaik adalah memosisikannya sejajar mata, jika bisa antara keyboard dan layar jaraknya pun dibuat agak berjauhan sehingga mata Anda tidak terlalu dekat dengan layar. Inilah mengapa tinggi meja juga harus menjadi perhatian khusus jika ingin membeli meja kantor untuk karyawan.

Tambahkan Tanaman Hidup di Meja Kerja
Selain dari dilihat dari fungsinya, menata meja kantor juga harus memperhatikan sisi estetik. Meja yang terlihat nyaman akan membuat psikologis penggunanya lebih baik, pikiran lebih segar sehingga pekerjaan jadi lebih cepat diselesaikan. Salah satu menambah nilai estetik tersebut adalah dengan meletakkan tanaman hidup pada sisi meja. Tidak perlu mencari tanaman dengan perawatan yang sulit, Anda bisa mencoba tanaman sukulen yang mudah tumbuh. Jika dirasa perawatan tanaman hidup masih terlalu rumit untuk Anda, tidak apa-apa menggantinya dengan tanaman hias buatan, meskipun tanaman plastik efeknya tidak sebaik tanaman alami.

Letakkan Meja Kantor dengan Pencahayaan yang Baik
Cahaya yang baik akan sangat membantu dalam produktifitas pekerja. Tidak heran jika kantor-kantor yang tertutup selalu berusaha memberikan penerangan yang sesuai. Namun, jika pencahayaan di dalam kantor itu alami, alias berasal dari jendela atau ventilasi lainnya, penting sekali untuk menempatkan meja-meja kantor pada posisi yang baik. Jangan sampai posisi meja untuk karyawan yang butuh banyak cahaya malah terhalang oleh sesuatu, atau malah diletakkan di tempat paling tidak terjangkau cahaya. Apabila tidak ada alternatif dalam memberi pencahayaan, sediakan lampu kerja untuk kenyamanan karyawan. Sebab, pencahayaan yang buruk akan memengaruhi penglihatan. Bahkan cenderung membuat cepat mengantuk sehingga malas untuk bekerja.

Memasang Aksesori Tertentu untuk Menciptakan Suasana yang Nyaman
Anda juga dapat menciptakan suasana yang lebih nyaman dengan menghias meja kantor minimalis dengan hal-hal yang membuat Anda senang. Misalnya, jika Anda suka melihat foto keluarga sebagai motivasi kerja, pasang saja foto keluarga kecil di atas meja. Atau, Anda bisa menghias keyboard laptop dengan sesuatu yang Anda sukai.
«
Next
This is the most recent post.
»
Previous
Posting Lama

Siape Saye? MF Abdullah

Terlahir di desa Kuala Secapah, desa kecil yang terletak di pinggiran laut Kalimantan Barat. Hobby memancing, jalan-jalan, dan mencicipi kuliner di berbagai daerah serta mengisi waktu senggangnya di blogsphere. Untuk menambah jalinan silaturrahmi bisa menghubungi di bawah ini

Tidak ada komentar

Leave a Reply

Box Office

Cat-6