Catatan Akhir Pekan

Jalan-Jalan

    Pertama kali menginjakkan kaki di pulau Jawa....

    Muqaddimah Perjalanan :)

    Bagi seseorang yang berdomisili di pulau kalimantan, apalagi di salah satu desa terpencil bernama Kuala Secapah, Kec. Mempawah Hilir pergi menyebrangi lautan untuk sampai ke pulau Jawa adalah suatu cita-cita dan kebahagian tersendiri tentunya, mendengar kota Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan lainnya merupakan suatu kebahagian, apalagi bisa langsung merasakan atmosfir kehidupan yang ada disana. Alhamdulillah kesempatan itu ane dapatkan ketika berhasil mewakili almamater tercinta, Pontren Darussalam sekaligus mewakili Kalimantan Barat untuk mengikuti kegiatan POSPENAS I (Pekan Olah Raga dan Seni Pondok Pesantren Nasional) yang diadakan di Ma'had Az-Zaytun Indramayu - Jawa Timur Tahun 2001 (kalo gak salah ane kelas I MTs saat liburan kenaikan kelas II atau sekrang kelas VIII... Masih Unyu2 )

    Awalnya ketika ada pengumaman kegiatan ini, ane marasa minder karena tidak terlalu jago dalam olah raga, namun berkat hasil obrolan ringan dengan beberapa teman saat itu kami akhirnya sepakat untuk membentuk sebuah Group Rebana Putra (Qasidah) dengan personil sekitar 10 orang. Kanapa kami membentuk Group Rebbana? Karena kami berpikir untuk kesenian Rebana (Qasidah ) khusus cowok pasti sedikit pesaingnya dan kemungkinan lolos untuk mewakili Kalimantan Barat pasti besar.. hehehe :D #PemikiranCerdas

    Alhamdulillah apa yang kami prediksikan saat itu menjadi kenyataan, berkat latihan, dan ketekunan serta kekompakan tim Qasidah kami unggul dari berbagai seleksi, dari tinggkat kabupaten sampai propinsi kami lolos dan berhasil mejadi pringkat pertama serta berhak untuk mewakili Kalimantan Barat ketinggkat Nasional yang diadakan di Pesantren Az-Zaytun Indramayu- Jawa Timur.

    Pontianak - Jakarta - Indramayu

    Sebelem berangkat, ane beserta rombongan lainnya berkumpul di KANWIL DEPAG Pontianak untuk diadakan pembekalan serta pelepasan dan pastinya pembagian uang saku... hehehe :D Ini ni yang wajib.... :) Kemudian diberangkatkan menggunakan kapal laut KM. Mabuhay Nusantara dari pelabuhan Pontianak Menuju Pelabuhan Tanjung Periok, Jakarta.

    KM. Mabuhay Nusantar 
    (Gak tau masih beroperasi apa nggak kapal ini.. hehe :D)
    Setelah melakukan perjalanan kurang lebih 38 jam sampailah kami di pelabuhan kota Jakarta yakni Port of Tanjung Periok, saat itu suasana masih gelap kalo gak salah kami sampai dini hari sebelum subuh, namun telah disambut oleh beberapa bus (lupa jumlah pastinya, kalo gak 2, ya 3 bus pastinya lebih dari satu... he :D ) yang telah disediakan untuk langsung menuju Indramayu. Selama perjalanan tidak banyak yang diinget karena kebanyakan tidur, dan masih tidak percaya bahwa ini nyata atau tidak, bener apa tidak saya telah menginjakan kaki di pulau Jawa.. he :D #Lebaaaay

    Bus melaju terus dan ane juga tidak begitu mengingat berapa jauh dan lamanya perjalanan yang telah ana lewati, karena ini telah terjadi sekitar 14 tahun yang lalu. Salah satu yang ada di dalam ingatan yakni ketika salah satu bus yang kami naiki mogok dan berhenti di tengah jalan kecil beberapa kilo dari pasar Haurgeulis menuju pondok Az-Zaitun, kami banyak bertanya-tanya dalam hati.. Kenapa akses menuju Pondok Pesantren Az-Zaitu sangat jauh dan pelosok, padahal merupakan salah satu Pesantren Megah yang ada di Indonesia pada saat itu. Pikiran dan pertanyaan tersebut hilang seketika ketika kami turun, disambut oleh waga sekitar dengan ramah dan menawari kami buah mangga yang khas dari kota ini yakni, kalo gak salah mangga ini disebut harum manis "Mana Lagi" karena buahnya besar, beraroma harum dan bikin ketagihan makanya diberi julukan "Mana Lagi" hehe :D

    Setelah busnya diperbaiki kami melanjutkan perjalanan kembali dan seperti biasa saya langsung menedengarkan radio melalui Radio FM Portable, salah satu gadget populer selain walkmen pada masa itu... hehehe :D walau saya tidak mengerti bahasa yang digunakan tapi saya tetap menikmati tembang-tembang yang ada sambil kembali mata terpejam melanjutkan perjalanan ke pulau impian.. hehehe :D #SiJagoMolor

    Sesampainya di gerbang masuk Az-zaytun kami langsung bangun dan turun dari bus, serta ane agak melongok, terpukau, bengong atau apalah karena melihat keindahan bangunan yang ada di Az-Zaitun... Subhanallah... Gede pake "bangeeed" pesantrennya... he :D

    Dan ternyata untuk memasuki komplek tidak semudah yang ane bayangkan, kita harus melewati penjagaan dan pemeriksaan yang ketat, sudah menggunakan mesin scaner yang mendeteksi logam/sejenisnya, saya ingat disuruh membuka ikat pinggang (sabuk) untuk diperiksa, dan semua barang bawaan kami dideteksi... Kalo gak salah rombongan kami pada saat itu ada barang yang disita berupa pisau buah dan beberapa gunting... hehehe :D demi ketertiban dan keamanan bersama..

    Kedatangan kami di pondok ini ternyata terlalu dini, sehingga status kami dasana masih tamu pondok, bukan peserta lomba, itu ditandai dengan co-card (identitas pengenal yang dibagikan) Namun panitia berkata nanti setelah resmi acara dibuka kartu tersebut ditukar lagi dengan yang baru.

    Setelah memasuki komplek ane semakin kaget bukan main, ini pesantren benar-benar gedeee bangeeeet... maklum pada saat itu perbandingannya pondok-kecil yang ada di Kalmantan Barat... hehehe :D Bayangin aja di dalam komplek terdapat beberapa gedung besar dan tinggi, yang paling saya inget adalah 4 gedung karena dinamai dengan nama Khulafaurrasyidin, sehingga gak terlupakan, yaitu gedung Abu Bakar, Umar, Ustman, Ali.. yang mana masing-masing gedung kurang lebih terdiri dari 5 lantai, satu lantai terdapat 20-30 ruang kelas serta gedung-gedung laiinya yang gak ane ingat namanya di dalam komplek juga terdapat Stadion Bola standar Nasional, dab beberapa lapangan bola lainnya serta lapangan olahraga lainhya. pokoknya terasa di tengah kota megah walau berada di hutan belantara.. ehehe :D #AgakLebay

    Menurut beberapa kabar burung bahwa itu baru beberapa persen bangunan yang dicanangkan, soalnya ane lihat sendiri pembangunannya dilakukan 24 jam nonstop, sehinga para pekerja di sini ada shifnya masing-masing dan mereka dibuatkan asrama khusus yang terletak di dalam komplek, ada beberapa seragam pekerja yang ane ingat, yakni seragam kuning untuk para pekerja bangunan, seragam hitam untuk keamanan, dan seragam biru untuk kebersihan.. #Kalo GakSalah hehehe :D Seragam lain lupa apa fungsinya... :D

    Saat itu saja masjid yang digunakan hanya masjid sementara padahal sudah menampung pulahan ribu jama'ah (Kalo gak Salah Prediksi... hihi :D) karena ada masjid yang lagi dibangun, konon besarnya melebihi masjid Istiqlal #Wallahu alam.. Di dekat masjid terdapat sebuah penginapan dan boleh dikatakan sebuah hotel berbintang untuk tamu wali santri yang berkunjung, karena bangunannya keren dan gak kalah dengan hotel-hotel berbintang yang ada di kota besar Indonesia.. #SokTauLagi

    Pokoknya keliling di komplek ini berkali-kali membuat ane takjub dan tercengang dengan keindahan serta tataletak bangunan yang indah... Afwan fotonya menyusul yach, harap maklum aja saat itu belum ada kamera digital, apalagi hape yang ada kameranya... hihihi :) Tapi untuk menghilangkan penasaran nic ane berikan salah satu foto penampakan Ma'had Az-Zaytun yang ane peroleh dari http://www.iai-alzaytun.ac.id


    Bersambung... Salam Keluyuran | Makan | Jalan-Jalan
    (Semoga ada lanjutan, lagi ngumpulin cerita-cerita perjalanan tempoe doeloe... he :D )

    Kartu Kredit?


    Sobat Catatan udah tau apa itu kartu Kredit? Atau malah udah pake? hehehe :D 

    Kartu kredit adalah kartu plastik yang dikeluarkan oleh bank atau lembaga pembiayaan lainnya yang di berikan kepada nasabah untuk dipergunakan sebagai alat pembayaran dan pengambilan uang tunai. Jika seseorang menggunakan jasa kredit, maka ia akan dikenakan bunga tagihan. Keluarnya keputusan mentri keuangan nomor 1251/KMK.013/1988, tanggal 20 Desember telah mengubah peta penyebaran kartu kredit di Indonesia. Berdasarkan surat keputusan tersebut bisnis kartu kredit digolongkan sebagai usaha jasa pembiayaan. Disamping dikeluarkan oleh bank kartu kredit juga dapat dikeluarkan oleh lembaga keuangan non bank seperti lembaga pembiayaan.

    Seiring dengan berjalannya waktu, penggunaan kartu kredit semakin banyak ditemukan dalam berbagai macam bentuknya. Misalnya ketika seseorang berbelanja dan akan melakukan pembayaran, atau ketika ingin mengambil uang tunai, dan bentuk transaksi lainnya. Banyaknya penggunaan kartu kredit ini mendorong para pelaku usaha untuk menawarkan produk-produk yang terkait dengan kebutuhan masyarakat, khususnya pada sektor finansial.

    Ketika akan memutuskan untuk membuat kartu kredit, tentu didasari dengan beberapa faktor yang dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk mengambil keputusan tersebut. Sebagai informasi pendukung, kartu kredit memiliki beberapa kelebihan kepada nasabah sebab kartu kredit dapat digunakan untuk memudahkan transaksi pembayaran. Selain itu, kartu kredit dapat digunakan untuk mengumpulkan semua bentuk pengeluaran belanja dalam satu tagihan sehingga waktu yang kita keluarkan dapat lebih efisien. Ada juga kartu kredit yang memiliki fasilitas untuk membayar pengeluaran rutin, seperti tagihan telepon, tagihan listrik, dan tagihan air. Kartu kredit juga dapat digunakan untuk mencatat pengeluaran kita secara rutin sehingga memudahkan kita dalam mengelola keuangan dalam keluarga. Fasilitas lain yang ditawarkan kartu kredit adalah dapat digunakan untuk menghemat pengeluaran, misalnya untuk diskon kamar hotel, diskon makan di restoran, atau diskon belanja. Pemilikan kartu kredit international mempermudah perjalanan kita ke luar negeri, dan beberapa keuntungan lainnya yang belum disebutkan di sini.
    Melihat beberapa keuntungan kartu kredit di atas, maka saatnya bagi kita untuk mempertimbangkan kepemilikan kartu kredit sebagai usaha kita untuk mengefektifkan dan mengefisienkan banyak hal dalam kehidupan kita.

    Ada beberapa cara untuk mendapatkan informasi tentang kartu kredit yang akan kita pilih. Di antara cara yang dimaksud adalah dengan membaca informasi-informasi yang ada, baik melalui profesional, atau mungkin dari teman, kenalan, atau bisa juga dari media cetak atau elektronik. Sebagai salah satu yang pantas direkomendasikan adalah perusahaan Cermati.Com. Cermati adalah perusahaan start-up yang bergerak di bidang teknologi finansial. Cermati didirikan oleh para teknologis dari Silicon Valley dengan tim yang sudah berpengalaman di perusahaan-perusahaan teknologi global terkemuka seperti Google, LinkedIn, Microsoft dan Oracle. Tim Cermati memiliki pengalaman total lebih dari 12 tahun dalam mengerjakan aplikasi dan situs web yang digunakan lebih dari ratusan juta user di seluruh dunia. Produk-produk Cermati memungkinkan masyarakat Indonesia untuk membuat keputusan finansial yang paling tepat dan cermat untuk situasi finansial mereka.

    Produk kartu kredit misalnya, CERMATI membantu kita untuk memilih jenis kartu kredit seperti apa yang kita butuhkan. Kita bisa memilih kartu kredit terbaik dengan fitur terlengkap. Di samping itu, bila Bank menyetujui pengajuan kartu kredit kita, maka akan langsung mendapat hadiah seperti voucher, tiket perjalanan, cashback, poin reward, dan lainnya secara gratis sebagai ucapan selamat datang. Fitur lain yang ditawarkan adalah kita bisa mengurangi pengeluaran belanja kebutuhan atau transaksi ritel lain dengan memanfaatkan kartu kredit berfitur cashback. Semakin tinggi nilai transaksi yang dilakukan, cashback yang bisa didapat juga semakin besar.

    Oke Sobat... Demikianlah ulasan singkat mengenai produk kartu kredit yang ditawarkan perusahaan CERMATI. Semoga kita bisa cermat dalam memutuskan banyak hal mengenai urusan finansial kita. Karena kami yakin, kesuksesan finansial bermula dari keputusan yang cermat... :)

    Internet Murah dan Cepat Pilihan Hemat Keluarga Hebat

    Assalamualaikum.. Sobat catatan kumaha damang? Mugi-mugi urang sadayana masih dipaparinan umur dugikeun ka dinten anu pinuh ku kamuliaan... Aamin...

    Mungkin para sahabat catatan bertanya-tanya tumben-tumbenan menggunakan bahasa sunda, berhubung ane lagi di Bandung jadi tidak salahkan mencoba sedikit bahasa sunda yang telah dipelajari, kalo ada yang keliru mohon dibenarkan ya, maklum baru belajar... hihi :)

    Sobat catatan.. Dewasa ini, kebutuhan terhadap akses internet semakin banyak. Mulai dari hal-hal ringan seperti akses sosial media, berkirim e-mail, dan sebagainya, sampai pada keperluan yang cukup besar misalnya kebutuhan bisnis, transaksi keuangan, dan lain-lain. Efeknya sangat jelas, membuat waktu yang diperlukan menjadi lebih singkat, efektif dan efisien.

    Dalam skala nasional misalnya, jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 82 juta orang pada triwulan ketiga tahun 2014, meningkat sebanyak + 11 juta orang dibandingkan pada tahun 2013 yang mencapai 71.19 juta orang. Dengan capaian tersebut, Indonesia berada pada peringkat ke-8 di dunia. Untuk pengguna Facebook, Indonesia di peringkat ke-4 besar dunia.

    Berdasarkan kenyataan di atas, tentu kita sebagai pengguna internet harus jeli melihat jenis koneksi internet seperti apa yang kita butuhkan. Saat ini, provider penyedia layanan jasa internet sangat banyak jumlahnya, dan tawaran mereka pun beragam. Ada yang berbasis 3G bahkan sekarang sudah sampai teknologi 4G, ada juga yang berbasis fix line internet broadband yang akrab dengan pola internet rumah. Untuk jenis yang kedua ini, belakangan ini telah menawarkan banyak fitur-fitur lainnya.

    Memilih jenis koneksi internet yang akan digunakan tentu harus diiringi dengan beberapa pertimbangan. Di antara pertimbangan yang dimaksud adalah biaya yang akan dikeluarkan, kenyamanan dalam mengakses internet yang di dalamnya mencakup tentang cepat-lambatnya koneksi tersebut, apakah koneksi tersebut ramah terhadap anak dalam arti didukung dengan internet safety yang bisa menyaring konten-konten negatif, dan beberapa pertimbangan lainnya.

    Untuk pertimbangan biaya internet misalnya, kita bisa melihat penggunaan internet berbasis 3G atau 4G yang secara sederhana bisa kita akses dengan modal seperangkat modem atau menggunakan smartphone. Jika pemanfaatan internet seperti ini kita gunakan pribadi, mungkin tidak akan terasa biaya yang dikeluarkan. Namun jika dalam keluarga yang terdiri dari ayah, ibu, anak-anak dan mungkin anggota keluarga lain yang masih dalam tanggungan kita, dan ternyata masing-masing mereka butuh koneksi internet, maka internet dengan basis 3G atau 4G seperti ini akan sangat membebani keuangan keluarga. Apalagi dengan kenyataan bahwa jika koneksi internetnya melalui smartphone, maka otomatis jenis kuota yang dibeli adalah paket data internet yang disediakan oleh operator seluler. Dengan asumsi seperti itu, maka hitung-hitungan sederhananya begini. Jika provider langganan berbasis 3G kita itu memasang tarif internet 60 ribu per bulan dengan kuota 2GB paket data internet, maka pengeluaran dalam keluarga yang terdiri dari ayah, ibu dan tiga anak adalah 300 ribu Rupiah. Itu jika asumsinya mereka hanya memiliki 1 smartphone untuk masing-masing anggota keluarga. Bagaimana jika ditambah dengan 2 unit PC, 5 tablet dan 3 buah laptop ditambah modem, belum lagi jika kuota internet tersebut habis sebelum jatah 1 bulan penggunaan. Maka total biaya yang dikeluarkan sangatlah besar.

    Lantas, bagaimana solusinya?

    Setelah membaca gambaran realita di atas, maka kita selaku pengguna layanan jasa internet harus cerdas dalam memilih layanan tersebut. Harus jeli dalam mempertimbangkan jenis internet seperti apa yang akan digunakan.

    Sebagai salah satu langkah cerdas yang dimaksud adalah dengan mencoba untuk mempertimbangkan koneksi fix line internet broadband. Tahapannya adalah dengan mulai mencari tahu provider internet broadband apa yang telah menggelar jaringan fiber di lingkungan tempat tinggal kita. Lalu mencari tahu bagaimana kualitas koneksinya, kemudian mencari tahu tarif berlanggannya dan berikutnya adalah mencari tahu informasi-informasi lain seperti kemudahannya untuk berlangganan, fitur-fitur lain yang disediakan, atau kemudahan-kemudahan yang ditawarkannya.

    Jika kita berdomisili di tempat yang dijangkau oleh Telkom dan menggelar jaringan fiber, maka layanan yang sangat tepat untuk kita gunakan adalah Indihome. Sobat catatan udah tau apa itu Indihome? Indihome adalah layanan paket internet terbaru dari Telkom Speedy yang terdiri dari Internet on Fiber atau High Speed Internet, Phone (Telepon Rumah), dan IPTV (UseeTV Cable) beserta beberapa fitur tambahan seperti IndiHome View, MelOn dan Trend Micro Security System.

    Layanan atau kebijakan terbaru untuk paket internet Telkom Speedy IndiHome ini ternyata memiliki banyak keuntungan bagi pelangganya. Selain kita dapat menikmati layanan internet yang semakin cepat, kini setiap pemasangan paket internet Telkom Speedy IndiHome, kita akan mendapatkan secara gratis UseeTV Cable Telkom. UseeTV Cable merupakan layanan Interactive TV pertama di Indonesia. Layanan TV berbayar (Pay TV) yang memberikan pengalaman baru. Kita tidak hanya sekadar menonton TV, tapi juga dapat memegang kendali seakan kita adalah sang sutradara. Selain memberikan tayangan yang berkualitas, UseeTV Cable juga memberikan berbagai macam fitur yang tidak ada di penyedia layanan kabel lainnya, seperti Pause & Rewind TV, Video on Demand, Video Recorder dan lainnya. Usee TV Cable memiliki beragam Channel pilihan. Saat ini, Channel yang ada sebanyak 99 Channel pilihan, terdiri dari 18 Channel TV Lokal dan 81 Channel TV Internasional. IndiHome Interactive TV, layanan TV Kabel yang seru dan lengkap!



    Kelebihan akses internet Indihome yang berbasis fiber optik dibandingkan dengan yang lain, bisa kita lihat pada penjelasan berikut:

    INTERNET CEPAT
    Fiber optik mampu mentransfer data (bandwidth) hingga ratusan Mbps (jauh lebih cepat dibandingkan kabel coax atau copper).



    INTERNET STABIL
    Kecepatan fiber optik jauh lebih stabil dibandingkan coax atau copper pada saat dilakukan sharing (akses internet secara bersamaan).

    INTERNET HANDAL
    Fiber optik lebih tahan dalam kondisi cuaca apapun seperti serangan petir dan gangguan elektromagnet dibandingkan kabel coax atau copper. Sehingga komputer anda menjadi lebih aman.

    INTERNET CANGGIH
    Fiber optik merupakan teknologi penghantaran data tercanggih dan terbaru yang digunakan dalam layanan fixed broadband.

    INTERNET ON FIBER
    Nikmati pilihan layanan paket High Speed Internet on Fiber yang berlaku di lokasi yang tersedia jaringan Fiber To The Home ( FTTH).

    Screenshot Peta lokasi fiber untuk lebih jelasnya bisa diakses di http://fibermap.indihome.co.id/

    HIGH SPEED INTERNET
    Khusus untuk lokasi yang belum terlayani FTTH tetap bisa menikmati layanan High Speed Internet dengan paket di bawah ini.

    Kenikmatan lain yang ditawarkan dengan berlanggaran Indihome adalah fitur wifi.id Seamless. wifi.id Seamless merupakan layanan yang diberikan kepada pelanggan IndiHome, agar selalu bisa terkoneksi dengan mudah dan murah melalui akses internet wifi cepat ke jaringan @wifi.id di seluruh Indonesia secara otomatis (seamless) hanya dengan Rp. 10.000,- per bulan! Bagaimana, murah bukan?!!

    Jika sobat catatan masih bingung, sobat catatan bisa lihat video talkshow penjelasan tentang Indihome dibawah iniyang ane temukan di youtube... :)



    Copyright: PRFMnews DotCom

    Di samping kemudahan dalam mengakses internet seperti di atas, yang menggunakan layanan Indihome berbasis fiber optik beserta seluruh kenyamanan yang ditawarkannya, kita juga tidak boleh lalai dan lengah terhadap konten-konten yang terdapat di alam maya. Sebab berbicara tentang dunia maya, maka dia ibarat hutan belantara yang jika tanpa panduan yang benar, kita bisa tersesat. Apalagi bagi anak-anak yang saat ini sudah akrab dengan internet. Berikut ini ada beberapa tips berinternet secara cerdas dan sehat yang disarikan dari tulisan bapak Heru Sutadi salah satu anggota Komite Regulasi Telekomunikasi pada Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) di portal filmpelajar.com

    1. Internet adalah gudang ilmu, gunakan semaksimal mungkin untuk mencari informasi yang menunjang pelajaran, kuliah, penelitian, pekerjaan dan hal-hal yang mencerdaskan lainnya.
    2. Jangan mengumbar atau memberikan data diri Anda dengan mudah di Internet, sebab data diri Anda bisa saja disalahgunakan pihak lain.
    3. Internet bersifat anonimous, mengaku perempuan tapi lelaki, bernama X tapi ternyata Y, tinggal di kota A tapi sesungguhnya di B, sehingga jangan percaya begitu saja akan informasi yang disampaikan.
    4. Jejaring sosial seperti Facebook, Friendster, Twitter, My Space dan sebagainya baik untuk mempererat tali silaturahmi, berdiskusi akan banyak hal, tapi gunakanlah secara bijak, atur waktu mengakses agar tetap produktif dan jangan sembarangan menerima ajakan ”kopi darat”/bertemu dengan orang yang belum dikenal.
    5. Internet mempermudah transaksi bisnis, perbankan maupun jual-beli barang, untuk itu gunakan transaksi dengan tingkat security yang aman, berhati-hati dengan nomor kartu kredit, PIN e-banking, sebab penjahat internet siap mengintai setiap saat.
    6. Bagi orang tua, dampingi putra-putri saat mengakses internet dan berikan penjelasan serta batasan apa saja yang boleh diakses.
    7. Untuk membatasi putra-putri yang di bawah umur mengakses situs pornografi, pornoaksi, gunakan program-program filter (seperti netnanny, K9 web protection) di komputer sehingga akses internet dapat terbatasi untuk situs-situs yang aman saja.
    8. Internet bukan wilayah bebas tanpa hukum, dimana kejahatan yang dilakukan secara off line (tradisional) kemudian beralih dengan memanfaatkan teknologi informasi (online) kini juga dapat diproses secara hukum. Penjahat cyber seperti cracker, carder, pencuri data/informasi elektronik kini juga dapat dijerat secara hukum. Begitu juga bagi pihak-pihak yang melakukan penipuan, pemerasan, atau penghinaan/pencemaran nama baik secara online.
    9. Perhatikan soal hak cipta saat menyalin (copy-paste) maupun menyebarkan tulisan, gambar atau video dari pihak/situs lain agar tidak ada tuntutan dikemudian hari.
    10. Tidak memproduksi maupun menyebarkan spam, virus, HOAX, termasuk juga gambar/foto pornoaksi dan pornografi, terutama pornografi anak.

      Kesimpulan

      Berdasarkan penjelasan di atas, maka sungguh bijaklah kita sebagai pengguna layanan internet jika kita mempertimbangkan plus-minus penyedia layanan internet yang ada, meliputi biaya, kecepatan koneksi, keamanan, ramah anak, dan sebagainya. Tidak kalah pentingnya lagi adalah kita harus cerdas dalam memanfaatkan layanan internet, kita gunakan untuk memudahkan dan mengefisienkan penggunaan waktu, namun tetap mengedepankan etika dalam berinteraksi dengan dunia maya. Dengan begitu, semoga kita menjadi pengguna internet cerdas, untuk keluarga yang sehat dan cerdas pula. Aamiin.

      Sumber Informasi:
      -http://indihome.co.id
      -https://www.youtube.com/watch?v=nZB65WHtg50
      -http://filmpelajar.com/page/14-tips-menggunakan-internet-secara-cerdas

      Jadwal Film Box Office Terbaru Sepanjang Tahun 2015

      Assalamualaikum sobat catatan... Kumaha damang? hehehe :D Semoga senantiasa sehat dan dalam limpahan rahmat serta kasih sayang sang Pencipta.. Aamiin... Sore ini enaknya membahas apa ya? ada saran? gak ada? ya udah kalo gak ada masukan ane mau ngasi info tentang film-film apa aja yang bakal tayang di sepanjang tahun 2015 ini, udah pada tau film apa aja yang bakalan hadir?

      Setelah menyaksikan beberapa film keren di awal tahun seperti Kingsman, Jupiter Ascending, The Spongebob Movie: Sponge Out of Water, Insurgent dan film yang baru tayang kemaren 1 April yakni Fast & Furious 7, beberapa film menarik bakal tayang di bioskop seluruh Indonesia sepanjang tahun 2015 nanti. Biar gak lupa dan menjadi catatan pengingat buat sobat catatan terutama buat ane sendiri maka ane sengaja membuat daftar film-film Box Office yang bakal tayang nanti, apa aja? penasaran? kalo gak penasaran gak perlu dilihat Jadwal Film Box Office Terbaru di bawah ini.. hehehe :D Santai aja bro... haha :D


      Film Terbaru di Bulan April 2015
      •     1 April : Fast & Furious 7
      •     10 April : The Moon and The Sun
      •     17 April : Monkey Kingdom
      •     17 April : Child 44
      •     24 April : The Age of Adaline

      Box Office bulan Mei 2015
      •     1 Mei : Avengers : Age of Ultron
      •     8 Mei : Mean Moms
      •     15  Mei : Pitch Perfect 2
      •     15 Mei : Mad Max : Fury Road
      •     22 Mei : Tommorow Land
      •     22 Mei : Spy
      •     29 Mei : Monster Trucks
      •     29 Mei : Insidious Chapter 3

      Jadwal Film Bulan Juni 2015
      •     5 Juni : San Andreas
      •     12 Juni : Jurrasic World
      •     12 Juni : Entourages
      •     19 Juni : Inside Out
      •     26 Juni : Ted 2

      Film Terbaru di Bulan Juli 2015
      •     01 Juli : Terminator Gensys
      •     10 Juli : Despicable Me Minions
      •     17 Juli : Ant Man
      •     24 Juli : Pixels
      •     24 Juli : Trainwreck
      •     31 Juli : Point Break

      Jadwal Bioskop Bulan Agustus 2015
      •     07 Agustus : The Fantastic Four
      •     14 Agustus : Untitled Armored Car Project
      •     14 Agustus : The Man For U.N.C.L.E
      •     21 Agustus : Regression
      •     21 Agustus : Me Before You
      •     21 Agustus : Sinister 2

      Film Baru Bioskop di September 2015
      •     11 September : Triple Nine
      •     18 September : Everest
      •     18 September : The Maze Runner :  Scorch Trials
      •     25 September : The Intern
      •     25 September : Hotel Transylvania 2

      Jadwal Bioskop Bulan Oktober 2015
      •     02 Oktober : Victor Frankeinsten
      •     02 Oktober : London Has Fallen
      •     02 Oktober : The Walk
      •     09 Oktober : Kidnap
      •     09 Oktober : The Jungle Book
      •     16 Oktober : Crimson Peak
      •     23 Oktober : The Conjuring 2

      Film di 21 dan XXI Bulan November 2015
      •     06 November : James Bond 24 : Spectre
      •     06 November : Peanuts
      •     13 November : Friday the 13th
      •     20 November : The Hunger Games : Mockingjay Part 2
      •     25 November : The Good Dinosaur

      Film Terbaru Akhir Tahun (Desember 2015)
      • 18 Desember :  Inferno
      • 18 Desember : Star Wars : Episode VII
      • 23 Desember : Kung Fu Panda 3
      • 23 Desember : Alvin and The Chimunks 4 : Road Chip
      • 25 Desember : Mission : Imposible 5
      • 25 Desember : Joy

      Demikian sobat catatan list film yang bakal rilis dan tayang di bioskop kesayangan anda seluruh kota di Indonesia sepanjang tahun 2015, semoga jadwal film terbaru di bioskop ini bermanfaat bagi pencinta film di tanah air.

      Catatan penting: Jadwal bisa saja berubah dan berbeda tanggal penayangannya di masing-masing kota.

      Kedatanganku di Jogja disambut oleh Indosat 4G LTE

      Para sederek Kaum Muslimin ingkang Minulya...

      Mangga kita sesarengan tansah netepi ajrih lan taqwa dateng Allah, kanti tansah netepi lan nuhoni dateng sedaya perintah lan dawuh dawuhipun, saha nebihi sedaya awisanipun. Ampun ngantos kumawantun nilar kwajiban lan nglirwaaken dawuh dawuhipun Allah, lan ugi ampun ngantos....
      Sudah lama ane tidak mendengar sambutan khutbah seperti di atas, namun alhamdulillah sejak hari pertama (24/04) kembali di Jogja ane kembali mendengar dan merasakan suasana yang sudah lama tidak ane rasakan yaitu khutbah dengan bahasa jawa...  hehehe :D Kalo dihitung mungkin sudah ada 67 Jum'at ane tidak berada di Jogja. Kerinduan akan kota yang telah mengajarkan ane banyak hal baik itu tentang perjuangan, kebahagian, kerinduan serta arti dari sebuah pengorbanan (Cieee mulai curcol nich... hahaha :D ) Namun suratan takdir memutuskan ane untuk kembali mengadu nasib di kota Gudeg tercinta ini... he :D

      Indosat 4G-LTE - Beberapa hari berada di Jogja ternyata mempertemukan ane dengan sahabat-sahabat lama  di beberapa komunitas, diantaranya ane bertemu dengan beberapa sahabat bloger Jogja yang tergabung dalam #KomunitasBloggerJogja serta beberapa sahabat media lainnya di sebuah acara peluncuran layanan #InternetanTerluasTercepat yakni Indosat 4G-LTE di Ambarukmo Plaza pada hari Rabu (29/04). Sahabat catatan udah pada tau apa itu 4G-LTE? Tapi udah sering dengerkan?... he :D 

      4G adalah singkatan dari istilah dalam bahasa Inggris: fourth-generation technology. Istilah ini umumnya digunakan mengacu kepada standar generasi keempat dari teknologi telepon seluler. 4G merupakan pengembangan dari teknologi 3G dan 2G. Sedangkan Long Term Evolution atau yang biasa disingkat LTE adalah sebuah standar komunikasi akses data nirkabel tingkat tinggi yang berbasis pada jaringan GSM/EDGE dan UMTS/HSPA. Jaringan antarmuka-nya tidak cocok dengan jaringan 2G dan 3G, sehingga harus dioperasikan melalui spektrum nirkabel yang terpisah. LTE memiliki keunggulan pada kecepatan dan efisiensi jaringan, sehingga pelanggan dapat menikmati layanan data dengan lebih nyaman. Pelanggan akan dapat melakukan berbagai aktifitas seperti browsing, chatting, berkomunikasi, down load/up load data dan foto, content streaming dan bermain game dengan lebih cepat dan efisien. Nah.. keren dan tambah canggih khan? hehe :D


      Dengan adanya layanan super 4G LTE yang telah resmi hadir di kota Yogyakarta dan beberapa kota lainya seperti Bali dan Bandung, pelanggan Indosat bisa menukarkan simcard lama dengan simcrad khusus 4G di gerai Indosat secara gratis. Untuk menikmati layanan LTE tersebut, pelanggan juga dapat berlangganan paket internet bulanan mulai Rp49 ribu berisi paket data 11 gigabit.

      Walau belum bisa menjangkau di seluruh tempat yang ada di Yogyakarta, layanan Indosat 4G LTE  bisa dirasakan dan dinikmati oleh pelanggan di beberapa titik seperti Bandara Adi Sucipto, Ambarukmo Plaza, Malioboro dan Universitas Gajahmada. Untuk kawasan lainnya akan segera diusahan dalam waktu dekat agar semua pelanggan setia indosat bisa menikmat layanan 4G LTE janji Pak Hari salah seorang pembesar Indosat pada saat Peluncuran 4G LTE di Amplaz kemaren.

      Bagaimana sobat catatan? Tertarik untuk bergabung di #InternetanTerluasTercepat di Jaringan 4G-LTE Indosat? Untuk sahabat catatan yang telah menjadi pelanggan setia Indosat bisa segera menukarkan kartu lama di gerai khusus Indosat secara gratis dan nikmati akses super ngebutnya... hehehe :D Jangan lupa pake helm, biar gak ditilang dan aman ngebutnya... wkwkw :D

      Sumber Photo: Atas - Kang Jarwadi, Bawah - Koleksi Pribadi
      Udah dulu yach catatan kecil pekan ini, semoga layanan Indosat semakin baik dan memberikan kepuasan para pelanggannya sehingga mempermudah kita untuk menjalin silaturrahmi dan keperluan lainnya hingga ke pelosok negri... Aamiin...



      Jangan lupa besok (03/05) Siap-siap ikut acara #DolananBarengKBJ sampai ketemu ane di TeKaPeh... hehehe :D Selamat Berakhir Pekan Sobat... SaHaTaGo (Salam Hangat Tanpa Gosong) Pojok Desa Bayeman - Yogyakarta

      Video Terbaru Kamil Onte Cs: Sungai Kapuas

      Siapa itu Kamil Onte? - Sebelum lebih lanjut ane membahas tentang project #‎KadoKecilUntukPontianak ane mau kenalkan dulu bang Kamil Onte alias #Sukep, salah satu artis yang ikut terlibat dalam pembuatan video klip tersebut. Beliau adalah artis papan atas kota Pontianak yang sering muncul di PON Tv dan sangat digandrungi oleh warga Pontianak karena sangat lucu, beliau seorang komika (Panggilan buat seorang stand-up comedy) yang memiliki aksen kental melayu Pontianak, selain itu beliau juga artis youtube dan dikenal lewat serial comedy Sukep, untuk lebih jelasnya sobat catatan bise akses langsung di youtube dengan kata pencarian "SUKEP"

      #‎KadoKecilUntukPontianak - Video ini berisi sebuah lagu yang berjudul "Sungai Kapuas" dibintangi oleh Kamil Onte, IkanMas Untan, Repek Corak Insang, Viara, Arenda, Nadia Sarosa, T. Haldy. Ini merupakan sebuah proyek indie yang mempunyai semangat sinergisitas lintas komunitas untuk mengemas kebudayaan lokal menjadi sesuatu yang menarik dan modern tanpa menghilangkan esensi dari kebudayaan itu sendiri. Proyek ini sekaligus sebagai bahan refrensi perkembangan kota Pontianak.

      Unsur musik yang ada di lagu Sungai Kapuas adalah hasil kombinasi musik melayu dan rap, sehinga lagu ini menjadi lebih modern dan enak didengar. Proses syuting videonya juga tidak asal-asalan, ini terlihat dari hasil video klipnya yang keren. Menurut hasil pengamatan ane sendiri ada beberapa lokasi yang digunakan untuk proses syuting video lagu Sungai Kapuas ini, antara lain keraton Amantubillah Mempawah, Sungai Kapuas, bundaran A. Yani Pontianak serta beberapa lokasi lainnya yang menjadi ikon kota Pontianak.

      Penasaran dengan video klipnya Sungai Kapuas ini? Silahkan lihat saja langsung video klipnya berikut ini, semoga terhibur... :)

      Uplod By : Tezar Haldy

      Directed, Produced and Aranged by Tezar Haldy
      Artist : Kamil Onte, IkanMas Untan, Repek Corak Insang, Viara
      Arenda, Nadia Sarosa, T. Haldy
      Song Writer : Sungai Kapuas ( Paul Putra Frederick (Alm) Rap (Repek Corak Insang)
      DOP : Sugi Wiramantri
      Astrada : Pawadi Jihad
      Pim Pro : Zaki Zeck
      Artisic : Gares Tige
      BTS : Tigakacamata
      Equipmment : Rentaltustel.com
      Wardrobe : Sanggar Andari
      Media Partner : @infoPontianak
      HALDREAM STUDIO | BBM 54EAA575 | Jl.Tebu No.14 Pontianak

      Bonus Video di Balik Layar Syuting #‎KadoKecilUntukPontianak Versi #Sukep


      Bonus Kedua: Foto ane bareng bang Kamil Onte alias #Sukep he :)
      (Bonus tak Penting... wkwkwkw :D)

      Kenangan bareng bang @kamilonte di gathering Komunitas Bacpaker Dunia - Kalimantan Barat