Ads-728

Cat-1

Cat-2

Cat-3

Cat-4

Ikon Surabaya - Sebelum melanjutkan cerita #TripToAsean, ane ingin sedikit membicarakan tentang kota Pahlawan, yang ane kunjungi beberapa hari ini, dan yang dibahas kali ini adalah tentang ikon yang menjadi ciri khas kota Surabaya. Sobat Catatan  tau apa saja yang menjadi ikon ibu kota Jawa Timur ini ? mari kita bahas bersama.. hehehe :D

Setiap daerah terkadang mempunyai nama dan ikon tersendiri yang menjadikan daerah tersebut berbeda dan mudah diingat oleh para pengunjung, seperti kota Jogja dikenal dengan kota Gudeg, kota Pelajar dan memiliki beberapa ikon yakni Malioboro, Tugu Jogja dan beberapa ikon lainya. Selain kota Jogja adapula kota Semarang yang dikenal dengan sebutan kota Lumpia, kota Atlas yang memiliki ikon: Kota Tua, Lawang Sewu dan lain-lain. Tak jauh berbeda dari dua kota tersebut, Surabaya juga memiliki beberapa sebutan, salah satunya yakni Kota Pahlawan  karena sejarahnya yang sangat diperhitungkan dalam perjuangan merebut kemerdekaan bangsa Indonesia dari penjajah. Kota Surabaya juga memiliki beberapa ikon, penasaran ? apa aja ikonnya ? yuk lihat catatan pengantar tidur malam terakhir di kota Pahlawan.. he :D

1. Tugu / Monumen Suro dan Boyo
Sudah tak bisa terbantahkan lagi bahwa tugu atau monumen yang terletak di depan pintu masuk kebun binatang Surabaya menjadi ikon kota ini, tugu yang menggambarkan pertempuran antara hiu (suro) dan buaya (boyo) yang juga menjadi cikal-bakal nama kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta, dengan jumlah penduduk mencapai 3 juta jiwa. Berdasarkan prasasti yang ada di depan tugu, diketahui bahwa tugu ini diresmikan pada Jum'at pahing 3 Juni 1988 oleh Bapak dr. H. Poernomo Kasidi yang menjabat sebagai Wali Kota pada waktu itu.
Tugu / Monumen Sura ing Baya yang baru selesai diperbaharui warna dan tamannya.
2. Jembatan Suramadu (Suramadu Bridge)
Jembatan penghubung antara kota Surabaya dan pulau Madura ini menajdi ikon baru kota pahlawan yang diresmikan oleh bapak presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) 4 tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 10 Juni 2009. Setelah selesai dibangun dan diresmikan, jembatan ini langsung menjadi ikon dan kebanggan tersendiri bagi warga Surabaya. Memiliki panjang 5.438 Meter menjadikan jembatan ini menjadi jembatan terpanjang yang ada di Indonesia untuk saat ini. 
Penampakan Jembatan Suramadu pada malam hari. Sumber Gambar: Disini
Tak sedikit pengunjung menyempatkan diri untuk melihat langsung jembatan ini secara dekat sekaligus mengabadikan momen untuk bernarsis-ria di atas jembatan ini, walaupun pada dasarnya berhenti di atas jembatan ini dilarang dan polisi selalu berpatroli mondar-mandir di atas jembatan, namun hal ini kayaknya tidak menyurutkan hati para pengunjung untuk tetap memantapkan niatnya agar bisa bernarsis-ria di atas jembatan, termasuk salah satu pengunjung yang bandel adalah ane sendiri... hehehe :D
Buronan POLANTAS Jembatan Suramadu:
Salah seorang pengendara motor yang tertangkap CCTV saat berhenti di atas Jembatan Suramadu :D
3. Komandan BlogCamp / Pak Dhe Cholik
Selain kedua ikon di atas, kayaknya belum afdhal  jika berkunjung ke Surabaya namun tidak bertemu dan bersilaturrahmi dengan sang komandan BlogCamp, khususnya para blogger.. hehehe :D Siapa sich yang nggak kenal dengan ikon yang satu ini ? he :D Alhamdulillah pada malam ini, Senin tanggal 23 September 2013 ane dipertemukan kembali dengan Sang Komandan di rumah beliau, karena sebelumnya ane juga sudah pernah KopDar bareng beliau namun di Jogja. Dan alhamdulillah juga selain bisa bertemu beliau ane juga bisa bertemu dengan kang Insan Robbani, mbak Yuni + mas Rinaldy dan si Mrs. gingsul Niar Ningrum.. hehehe :) Makasih untuk semua, ditunggu hasil sesi photo barengnya... hehehe :D

Catatan: Jika ada info/penjelasan yang keliru mohon untuk diluruskan, hehehe :D Silahkan komen di bawah, terima kasih hehe :D

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Siape Saye? MF Abdullah

Terlahir di desa Kuala Secapah, desa kecil yang terletak di pinggiran laut Kalimantan Barat. Hobby memancing, jalan-jalan, dan mencicipi kuliner di berbagai daerah serta mengisi waktu senggangnya di blogsphere. Untuk menambah jalinan silaturrahmi bisa menghubungi di bawah ini

22 komentar

3 Ikon Surabaya
  1. wah udah nyampe surabaya. nanti lanjut ke mana lagi, kak? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah.... Minggu ini stay aja di Jogja, mau ada tamu soalnya, jadi giliran yang jadi tuan rumah.. hehehe :D

      Hapus
  2. Wow pasti berkesan ya mas jalan2 ke Surabaya...Perkenankan saya memperkenalkan weblog saya #SurabayaPunyaCerita yang saya gagas untuk memberikan wawasan tentang Surabaya dulu,kini dan nanti. Bagi kawan2 yang ingin berbagi cerita bisa kirim ceritanya via email ke: redaksi@ceritasby.com. Bagi yang memiliki twitter bisa follow kami di @ceritasby dan bisa juga like fanpage FB kami di Surabaya Punya Cerita.. Semoga bermanfaat!! mas Mf Abdullah bisa klik di http://ceritasby.com, sayang yaa kita belum bisa bertemu...insya Allah weblog itu akan saya terbitkan ke dalam bentuk buku untuk volume 1 rilis bln dpn

    BalasHapus
  3. waaahn aq ke jogja agan ini malah ke suroboyoooooo ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum dijodohkan untuk bertemu... hehehe :D

      Hapus
  4. Ha ha ha ha..entar di marahi bu Walikota lho menyebut saya sebagai ikon Surabaya
    Terima kasih kunjungan dan oleh-olehnya mas
    Kapan2 saya ke Yogyakarta lagi
    Salam hangat dari Galaxy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ditunggu pak dhe kehadirannya kembali di Yogya, kalo jadi KopDar kuliner kabar2i ya pak dhe, siapa tau pas jadwal kosong biar bisa meluncur lagi ke sby..

      Hapus
  5. Waduh si pak dhe keliatan gagah sekali ya, :D

    BalasHapus
  6. Keren jembatan Suramadunya. Lampunya cantik. Saya belum pernah foto Suramadu malam hari :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya emang begitu mbak, warga setempat malah ntar..ntar aja.. ane aja seumur idup belum pernah mejeng n narsis di tugu Khatulistiwa Pontianak... hahaha :D

      Hapus
  7. Jalan-jalan ke jembatan Suramadu, sambil photo-photo memang keren sih. Apalagi kalau malam hari, sosk jembatan yang penuh dengan warna lampu hias yang menawan pun ikut menemani kita sepanjang perjalanan lintas pulau ini ya Kang.

    Salam wisata

    BalasHapus
  8. wah saua malah belum pernah photo di Suramadu loh..
    Semoga betah mas di Surabaya yang Panas ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo kang Insan sich kapan pun asal punya waktu dan kemauan tinggal melangkah aja... he :D

      Hapus
  9. Ane dari Surabaya dan baru 3 bulan nge-blog. Bener juga, rasanya belum lengkap kalo belum kenal ikon blogger Surabaya Pakde Cholik.. salam kenal ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sipp... slam kenal kembali cak... hahaha :D

      Hapus
  10. walah..ke surabaya tapi kok kagak mampir sini

    BalasHapus
  11. mantap kak hehe :D semoga saya bisa liat 3 ikon surabaya ini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi saya juga :D krna aku mau ke surabaya juga nih

      Hapus

Box Office

Cat-6