Ads-728

Cat-1

Cat-2

Cat-3

Cat-4

» » » » Do'a Menyongsong Ramadhan



Bismillahirrahmanirrahim…
Adakah do’a-do’a khusus dari Nabi SAW yang dibaca ketika memasuki bulan Ramadhan yang penuh berkah ? atau Do’a apakah yang wajib dibaca oleh seorang muslim pada malam pertama bulan Ramadhan ?

Untuk menjawab pertanyaan di atas, syaikh Shâlih al Fauzân menjawab dalam kitab al Muntaqâ min Fatâwânya sebagai berikut:

“Saya tidak mengetahui adanya do’a khusus yang dibaca ketika masuk bulan Ramadhan. Yang ada hanyalah do’a umum untuk seluruh bulan. Nabi saw. jika telah melihat hilal, baik di bulan Ramadhan ataupun bulan-bulan lainnya, beliau mengucapkan do’a:

اَللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْيُمْنِ وَالْإِيْمَانِ وَالسَّلاَمَةِ وَالْإِسْلاَمِ هِلاَلُ خَيْرٍ وَرُشْدٍ رَبِّيْ وَرَبُّكَ اللهُ

“Ya Allah terbitkanlah (dan tampakkanlah) hilal itu kepada kami dengan keberkahan dan keimanan serta keselamatan dan keIslaman. (jadikanlah dia) hilal kebaikan dan petunjuk, Tuhanku dn Tuhanmu adalah Allah” (HR. at Tirmidzî dari Thalhah bin ‘Ubaidillâh ra.)

 Dalam riwayat lain dikatakan:

اَللهُ أَكْبَرُ اَللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِاْلأَمْنِ وَالْإِيْمَانِ وَالسَّلاَمَةِ وَالْإِسْلاَمِ رَبِّيْ وَرَبُّكَ اللهُ

Do’a ini dibaca ketika melihat hilal bulan Ramadhan atau bulan-bulan lain. Adapun mengkhususkannya membaca do’a- do’a tertentu ketika memasuki bulan Ramadhan, saya tidak mengetahui adanya yang seperti itu. Akan tetapi, kalau seorang muslim berdo’a kepada Allah agar membantunya menjalankan puasa di bulan itu dan agar Ia berkenan menerima puasanya, maka tidaklah mengapa. Hanya saja dia tidak boleh menentukan do’a-do’a tertentu sebagai do’a yang khusus (untuk bulan Ramadhan)”. (lihat Majalah al Fatâwâ, vol.10/ thn.I/ 1424).
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Siape Saye? MF Abdullah

Terlahir di desa Kuala Secapah, desa kecil yang terletak di pinggiran laut Kalimantan Barat. Hobby memancing, jalan-jalan, dan mencicipi kuliner di berbagai daerah serta mengisi waktu senggangnya di blogsphere. Untuk menambah jalinan silaturrahmi bisa menghubungi di bawah ini

Box Office

Cat-6