Ads-728

Cat-1

Cat-2

Cat-3

Cat-4

» » SEA Games 2011 Terburuk Sepanjang Sejarah ??

Pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara sedang berlangsung di Jakarta dan Palembang. Sebagai tuan rumah, Indonesia memang terkesan tidak siap menggelar perhelatan besar ini. Karenanya, banyak sekali kesalahan yang dilakukan oleh pihak penyelenggara. 


Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Reni Marlinawati menyesalkan persiapan SEA Games yang tidak tepat waktu sebagaimana dijanjikan oleh pemerintah.

"Persiapannya tidak matang, jauh-jauh hari saya minta agar penyelenggaraan SEA Games ditunda," ujar Reni, tadi malam.  Bahkan DPR juga merasa malu lantaran penyelenggaraan SEA Games kali ini, dinilai sangat buruk dari segi persiapannya. 

"SEA Games yang sekarang, dikatakan oleh media negara tetangga merupakan paling buruk dalam sejarah," jelas anggota Komisi X DPR RI itu. 

Karena itu, usai kompetisi SEA Games se-Asia Tenggara ini, Komisi X akan memanggil Kementerian Pemuda dan Olah Raga sebagai penanggung jawab penyelenggara acara. 

"Habis pelaksanaan pasti akan panggil pemerintah, apa yang terjadi saat ini itu sudah saya duga sebelumnya," jelasnya. 

Namun, dia berharap persiapan penyelenggaran yang kurang matang oleh pemerintah itu dapat terobati di mata negara dunia dengan pencapaian prestasi yang banyak oleh atlet-atlet Indonesia. 

"Berharap prestasi dalam persiapan yang tidak optimal ini para atlet kita menunjukkan hasil prestasi yang banyak. Sehingga muka Indonesia terselamatkan," jelasnya.

Sebelumnya, Harian Filipina, Daily Inquirer melaporkan mengenai buruknya penyelenggaraan  SEA Games XXVI 2011 di Indonesia. Surat kabar itu menyebut ini adalah penyelenggaraan "paling kacau" sepanjang sejarah. Seperti yang terlihat dari fasilitas penginapan dan transportasi. 

Tidak hanya itu, surat kabar di Singapura, Straits Times juga melaporkan keracunan makanan melanda para pemain sepak bola dari Singapura, Malaysia, Kamboja dan Indonesia, yang menginap di hotel berbintang di Jakarta.

Bahkan, ketika obor SEAG tiba di Palembang, di Jakarta masih ada ribuan pekerja yang belum menyelesaikan pengaliran air.

Di Jakarta, sekitar 500 kilometer dari Palembang, sekitar 12.000 atlet, ofisial dan media akan berlalu-lalang, belum lagi ditambah ribuan penonton.

Masalah kemacetan lalu lintas jadi hambatan utama, sehingga para siswa sekolah diliburkan. Tapi itu kelihatannya tidak menyelesaikan masalah.

Laporan media nasional Rabu menyebutkan, hingga petang itu pusat layanan media (MPC) di Gedung BankSumsel di Jakabaring, Palembang, masih kosong dari peralatan sedangkan wartawan asing sudah mulai berdatangan. 

Ruang kesehatan, ruang kerja media, menara serta toilet pada arena perlombaan dayung di Karawang pun hingga Rabu petang belum selesai, tapi Menpora Andi Mallarangeng menyatakan yakin kekurangan itu akan terpenuhi Kamis sementara awal laga di tempat itu diundur dari Kamis menjadi Jumat.


Setidaknya, semua kritikan ini menjadi "otokritik" bagi semua pihak yang terlibat langsung atau tidak, agar saling mendukung terejawentahkannya dwi sukses sebagai tuan rumah, yaitu sukses mendulang medali dan sukses sebagai negara penyelenggara.

sumber: http://www.waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=223484:menpora-terjerat-sea-games-terburuk&catid=77:fokusutama&Itemid=131
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Siape Saye? Unknown

Terlahir di desa Kuala Secapah, desa kecil yang terletak di pinggiran laut Kalimantan Barat. Hobby memancing, jalan-jalan, dan mencicipi kuliner di berbagai daerah serta mengisi waktu senggangnya di blogsphere. Untuk menambah jalinan silaturrahmi bisa menghubungi di bawah ini

Tidak ada komentar

Leave a Reply

Box Office

Cat-6