Ads-728

Cat-1

Cat-2

Cat-3

Cat-4

» » » Sekilas Fakta Tentang Khadafy....

Khadafy berkuasa melalui kudeta militer menggulingkan Raja Idris I pada tahun 1969. Ia menuding raja hanya sebagai boneka kolonial Eropa Barat, korup, dan mengabadikan feodalisme. Sejak itu Libya berubah menjadi republik dan Dewan Komando Revolusi membawahkan pemerintahan.

Saat itu usia Khadafy baru 27 tahun dan menyandang pangkat kapten angkatan darat. Setelah kudeta, pangkatnya naik menjadi kolonel hingga sekarang.

Dalam usia semuda itu, Khadafy mengultimatum AS menutup pangkalan militernya, Wheelus Air Base, dekat Tripoli. Seluruh fasilitas harus diserahkan kepada Libya. Wheelus Air Base, salah satu pangkalan udara terbesar AS di negara lain, ditutup tahun 1970.

Langkah berikutnya, Khadafy menasionalisasi perusahaan minyak asing. Dari pendapatan 1,6 juta-2 juta barrel per hari minyak mentah, pembangunan melaju pesat. Negara yang tadinya melarat dan tertinggal berubah menjadi sejahtera. Indeks pembangunan manusia dan usia harapan hidup di negeri ini tercatat sebagai tertinggi di Afrika.

Tahun lalu pendapatan per kapita 6,5 juta penduduk Libya berkisar 14.800 dollar AS. Walaupun sedemikian kaya, negara tetap berkewajiban menyediakan pendidikan dan pelayanan kesehatan secara gratis.

Diperkirakan, sekitar 2 juta pekerja asing mencari nafkah di negeri ini. Dari jumlah tersebut, 1,5 juta berasal dari Mesir dan puluhan ribu orang dari Eropa, AS, China, dan Jepang. Selebihnya dari Tunisia, Banglades, dan negara-negara Afrika.

Setelah pecah pemberontakan bersenjata, Februari lalu, hampir semua pekerja asing menyelamatkan diri meninggalkan Libya. Produksi minyak melorot menjadi 600.000 barrel per hari.

Kini keadaan di Libya makin tak menentu. Inggris dan Perancis, yang sejak lama mengincar minyak Libya, menghendaki kekuasaan Khadafy berakhir. Atau minimal membelah negara kaya itu melalui pemberlakuan zona larangan terbang.

Tidur di tenda

Negara-negara Barat mengabaikan fakta bahwa Khadafy bukan sejenis diktator Presiden Mubarak atau Ben Ali, yang dikenal sebagai boneka AS dan gemar mengoleksi mobil-mobil mewah, perhiasan, dan vila-vila megah untuk berlibur di Eropa.

Khadafy merasa lebih nyaman tidur di tenda-tenda Beduin. Ia tidak bergantung pada kekuatan asing dan tidak mempunyai jabatan resmi dalam struktur pemerintahan, kecuali sebagai ”pemimpin revolusi”.

Gagasannya tentang pemerintahan rakyat telah ditulis dalam 3 jilid buku hijau, dipraktikkan di Libya. Dalam hal ini, roda pemerintahan dijalankan oleh komite-komite rakyat setempat. Merekalah yang mengatur dan merencanakan segalanya.

Tiga tahun lalu Khadafy menyatakan niatnya membubarkan struktur administratif yang berjalan. Kemudian pendapatan dari minyak langsung didistribusikan kepada rakyat.

Daniel L Byman, pakar senior di Saban Center for Middle East Policy, Inggris, menulis di Council for Foreign Relations (2/3), seandainya pun Khadafy mundur, penggantinya akan menghadapi segunung masalah, yakni membangun institusi pemerintah dan negara dari nol..(458)




«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Siape Saye? Unknown

Terlahir di desa Kuala Secapah, desa kecil yang terletak di pinggiran laut Kalimantan Barat. Hobby memancing, jalan-jalan, dan mencicipi kuliner di berbagai daerah serta mengisi waktu senggangnya di blogsphere. Untuk menambah jalinan silaturrahmi bisa menghubungi di bawah ini

Tidak ada komentar

Leave a Reply

Box Office

Cat-6