Ads-728

Cat-1

Cat-2

Cat-3

Cat-4

» » Do’a Agar Dijauhkan dari Sifat Bakhil

Bismillah…
Sobat...Sebelumnya ane pernah menulis tentang Do’a Ketika Hujan, Kali ini ane sedikit mencoba berbagi tentang Do’a Agar Dijauhkan dari Sifat Bakhil. Bakhil merupakan akhlaq yang tercela (al madzmûmah), ia merupakan subjek (fâ’il) dari orang yang memiliki sifat bukhul (kikir, tamak atau loba). Oleh karenanya, bakhil diartikan sebagai hubbu hasydil mâl atau al maulâu bihasydil mâl, artinya senang menimbun harta. (al Munawwir, hal. 62). Dalam al Mu’jamul Wasîth, disebutkan bahwa al bukhlu adalah dlonna bimâ ‘indahû walam yajud, artinya mengira terhadap apa yang dimilikinya itu kekal, padahal tidak menjadikannya kaya. (Ibrâhîm Musthâfâ, hal.41). Menurut istilah, adalah suatu sikap mental yang enggan mengeluarkan harta atau potensi lain yang telah menjadi keharusan untuk dikeluarkan kepada yang semestinya menerima. Dalam bahasa al Jurjâni tarkul itsâr ‘indal hâjat, tidak peduli ketika dibutuhkan. (at Ta’rîfât, hal.43). Betapa hinanya sifat bakhil, banyak ayat-ayat Allah dan sunnah nabiNya yang mengisyaratkan tentang ancaman bagi sifat tersebut, diantaranya: 

Sekali-kali janganlah orang-orang yang bakhil dengan harta yang Allah berikan kepada mereka dari karuniaNya menyangka bahwa kebakhlilan itu adalah baik bagi mereka. Harta yang mereka bakhilkan itu akan dikalungkan kelak di lehernya di hari kiamat. Dan kepunyaan Allahlah segala warisan (yang ada) di langit dan bumi. Dan Allah maha mengetahui terhadap apa yang kamu kerjakan”. (Q.S. Ali ‘Imrân/3:180).

Demikian pula dalam as sunnah, disamping banyak hadits-hadits yang melarang perbuatan tersebut, Rasulullah SAW pun membimbing umatnya dengan mengajarkan suatu do’a agar terhindar dari sifat bakhil tersebut.

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْبُخْلِ وَ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَ أَعُوْذُ بِكَ  أَنْ أَرُدَّ إِلَى أَرْذَلِ الْعُمُر

وَ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الدُّنْيَا وَ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقُبُوْرِ 

Ya Allah aku berlindung kepadaMu dari sifat kikir, aku berlindung kepadaMu dari sifat pengecut, aku berlindung kepadaMu dari dikembalikannya umur (pikun), aku berlindung kepadaMu dari godaan dunia dan aku berlindung kepadaMu dari siksa kubur”. (H.R. al Bukhâri dalam Fathul Bârî XI/ 213 dari Sa’ad bin Abî Waqqas).

Adapun Imam Muslim meriwayatkan dari shahabat Anas:

اَللَّهُمَّ  إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْبُخْلِ وَ الْكَسَلِ وَ أَرذَلِ الْعُمُرِ وَ عَذَابِ الْقَبْرِ وَ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَ الْمَمَاتِ

Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari sifat kikir, malas, pikun, siksa kubur dan fitnah kehidupan dan kematian”. (H.R. Muslim II/ 577)

Sobat... Semoga kita bisa terhindar dari sifat bakhil tersebut, dan senantiasa memhon kepada Allah SWT melalui do’a  yang telah diajarkan oleh baginda Nabi Muhammad SAW. Amin.. Wallâhu A’lam bish shawâb.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Siape Saye? Unknown

Terlahir di desa Kuala Secapah, desa kecil yang terletak di pinggiran laut Kalimantan Barat. Hobby memancing, jalan-jalan, dan mencicipi kuliner di berbagai daerah serta mengisi waktu senggangnya di blogsphere. Untuk menambah jalinan silaturrahmi bisa menghubungi di bawah ini

Tidak ada komentar

Leave a Reply

Box Office

Cat-6