Ads-728

Cat-1

Cat-2

Cat-3

Cat-4

» » Penyakit-Penyakit Akibat Konsumsi Garam Berlebih

Garam merupakan bumbu yang selalu digunakan dalam masakan sehari-hari. Tapi sebaiknya perhatikan jumlah asupan garam yang dikonsumsi, karena jika berlebihan bisa memicu beberapa penyakit.

Garam adalah mineral yang terdiri dari 40 persen natrium dan 60 persen klorida. Mineral tersebut memang penting untuk semua makhluk hidup, tapi tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan.

Kelebihan garam dalam tubuh bisa menyebabkan efek yang serius pada kesehatan, termasuk rasa haus, anemia, rasa lapar palsu dan beberapa penyakit utama seperti dikutip dari Lifemojo, Jumat (17/6/2011) yaitu:

1. Tekanan darah tinggi (hipertensi)
Asupan garam yang tinggi diketahui bisa meningkatkan tekanan darah. Studi tahun 2007 menemukan pasien dengan tekanan darah tinggi akan mendapatkan manfaat yang signifikan dengan mengurangi asupan garam.

2. Penyakit kardiovaskular
Tekanan darah yang tinggi bisa mengakibatkan seseorang terkena penyakit serius yang berhubungan dengan kardiovaskular seperti jantung dan kelumpuhan stroke. Diketahui mengurangi asupan 1 gram garam bisa mengurangi risiko stroke hingga seperenamnya.

3. Pembesaran jantung
Catatan medis menemukan asupan garam yang tinggi bisa membuat seseorang berisiko menderita left ventricular hypertrophy (pembesaran dari jaringan otot yang membentuk dinding utama jantung untuk memompa).

4. Retensi cairan
Jumlah natrium dalam tubuh menentukan tingkat cairan. Jika konsumsi garamnya terlalu banyak maka ginjal akan sulit menghilangkannya dan membuat tubuh mempertahankan cairan yang bisa memicu pembengkakan.

5. Gangguan sistem pencernaan
Garam berlebih yang masuk ke tubuh bisa berinteraksi dengan bakteri H.pylori yang menyebabkan tukak lambung, serta garam berlebih bisa mengurangi jumlah pepsin (enzim pencernaan) di dalam tubuh yang akan meningkatkan keasaman dan diare.

6. Meningkatkan sekresi empedu
Ketika seseorang banyak mengonsumsi makanan asin maka sekresi empedu akan meningkat yang menyebabkan kepadatan darah semakin tinggi sehingga mengurangi vitalitas. Hal ini juga mengakibatkan masalah kulit seperti wajah dan bibir kering serta kadang menyebabkan sakit dan pendarahan di bibir.

7. Osteoporosis
Kelebihan garam bisa mencegah penyerapan kalsium dalam tubuh yang membuat seseorang rentan terkena osteoporosis.

Sumber: detikHealth.com


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Siape Saye? Unknown

Terlahir di desa Kuala Secapah, desa kecil yang terletak di pinggiran laut Kalimantan Barat. Hobby memancing, jalan-jalan, dan mencicipi kuliner di berbagai daerah serta mengisi waktu senggangnya di blogsphere. Untuk menambah jalinan silaturrahmi bisa menghubungi di bawah ini

5 komentar

Penyakit-Penyakit Akibat Konsumsi Garam Berlebih
  1. Aku dirumah sejak 5th yang lalu hanya memakai garam diet (nutrisalin)...apa ini berbahaya juga ?

    BalasHapus
  2. Wallahualam Bunda, semoga tidak apa2 yang penting tidak berlebihan...Semoga Bunda sekelurga senantiasa terjaga kesehatannya....

    BalasHapus
  3. assalamu'alaikum pak ustad...
    wah, makasih banget infonya, bagi saya yang ga bisa masak dan hanya taunya makan saja, jadi ga pernah mikirin ni masakan garamnya berlebihan atau nggak gitu, hehehe
    yang penting terasa enak dimakan, ya langsung makan...

    salaam

    BalasHapus
  4. ternyata garam juga berbahaya ya Mas,,tapi memang agama Isalam menyarankan kita untuk tidak berbuat berlebihan,,kalau di gunkan secara benar insyaallah akan bermanfaat,,terima kasih infonya

    BalasHapus
  5. @KH. Mabrur: Wa'alaikumussalam wr..wb... pak kiyay.....Kalo kebanyak mikir ntar gak jadi dimakan...hehehehe :D

    @Kang Sofyan: Betul sekali mas...Sama2///

    BalasHapus

Box Office

Cat-6